www.korannasional.com–
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung saat kunjungan kerja di Provinsi Gorontalo. Amran, yang mengenakan kemeja lengan panjang putih, menyambangi Desa Ayu Molingo, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Amran melakukan panen raya jagung.

Sebanyak 4 buah mesin combine harvester (pemanen) jagung sudah disiapkan di ladang jagung yang sudah siap panen tersebut. Dia pun bergegas mengendarai mesin tersebut.

Selama kurang lebih 15 menit Amranmembabat tegakkan jagung. Selain memotong batangnya, alat tersebut juga secara otomatis membuat jagung terpisah dari bonggolnya dan masuk ke karung yang diletakkan di belakang mesin combine harvester.

“Saya senang sekali bisa ke Gorontalo, sekarang produksi 1,2 juta ton dari 200.000 hektar jagung. Kalau bisa, tahun depan harus tambah 400.000 hektar,” ujar Amran, Kamis (25/8/2016).

Amran semangat menggeber mesin pemanen kelir merah putih ini. Usai panen jagung, dia kemudian menuju sebuah tenda hijau yang sudah didirikan di tengah-tengah ladang jagung.

Selama panen, menteri asal Bone, Sulawesi Selatan ini ditemani Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. (Riki S)