>

www.korannasional.com– Danau Sembuluh yang terletak di Kabupaten Seruyan sangat potensial apabila dijadikan salah satu ikon wisata Provinsi Kalimantan Tengah karena memiliki keunikan dari sisi ekosistem dan pesona perairan danau yang indah.

“Apabila dikembangkan secara serius, bukan tidak mungkin Danau Sembuluh dapat menjadi ikon wisata Kalteng,” kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Sabtu (20/8/2016).

Sudarsono mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan masih terus berupaya mengembangkan Danau Sembuluh agar menjadi salah satu objek wisata unggulan daerah. Upaya yang sedang dilakukan Pemkab adalah penyusunan studi kelayakan pengembangan daerah wisata Danau Sembuluh.

Studi itu nanti memberi acuan bagi pemerintah untuk mengembangkan atau mewujudkan wisata Danau Sembuluh yang terpadu dengan pengembangan wisata bahari di Seruyan.

“Pemerintah daerah sebenarnya sudah berusaha untuk mengembangkan potensi wisata danau ini, namun karena mencari investor agak sulit, jadi pengembangannya agak lamban, meski demikian kita terus mengembangkan Danau Sembuluh sebagai objek wisata secara bertahap,” jelasnya.

Danau Sembuluh yang berada di Kecamatan Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Kalimantan dengan luas 7.832,5 hektare dan memiliki panjang 35,68 kilometer.

Salah satu dari sepuluh danau terluas di Indonesia itu juga memiliki pemandangan indah, karena danau itu menjadi muara dari sungai-sungai besar dan kecil di sekitarnya seperti Sungai Kupang, Rungau dan Ramania.

Danau Sembuluh juga dikelilingi beberapa desa yang luasnya mencapai 2.424 kilometer persegi, yakni Sembuluh I, Sembuluh II, Bangkal dan Terawan, dengan sebagian besar masyarakatnya masih memegang tradisi dan kearifan lokal dalam mengelola sumber daya alam yang ada di danau.

Danau tersebut juga dianggap memiliki populasi ikan air tawar terbesar di Kalteng, ikan air tawar yang dimaksud di antaranya, ikan gabus, seluang, betutu, sepat, lais, baung, botia, toman, tabakang dan tapah. “Jadi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, Danau Sembuluh ini sangat bagus dikembangkan jadi tujuan utama wisata dan salah satu ikon wisata Kalteng,” harap Sudarsono. (Aris)

LEAVE A REPLY