www.korannasional.com–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan, anggaran pemyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 2017 sudah mencukupi. “Dana yang disalurkan akan mencukupi ke semua daerah,” kata Tjahjo di sela-sela acara Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Partisipatif Bawaslu, di Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Pemerintah juga sudah mendistribusikan anggaran tersebut. “Yang paling terpenting dilakukan adalah bagaimana daerah-daerah dapat menggunakan anggaran tersebut dengan baik,” ujar Tjahjo.

Namun diakuinya, memang masih adanya sejumlah daerah yang terkendala anggaran pilkada. “Seperti Papua Barat yang akan kami kejar. Kemudian KPU di Aceh Timur. Saya kira itu akan kami kejar,” tutur dia.

Peran serta masyarakat dibutuhkan juga dalam pengawasan, khususnya terkait anggaran. Pengawasan yang ketat, menjadi kunci penyelenggaraan polkada serentak berjalan lancar.

“Kunci sukses Pilkada serentak, tidak hanya berada pada pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun pemegang kepentingan lainnya, tapi harus ada peran aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk mengawasi Pilkada di daerahnya masing-masing,” pungkas Tjahjo. (Riki S)