www.korannasional.com–Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang diselenggarakan pertamakali di Indonesia mendapat apresiasi cukup besar dari kalangan masyarakat, industri pariwisata dan pemerintah daerah.

”Kami mengapresiasi partisipasi masyarakat, industri pariwisata, dan Pemerintah Daerah serta organisasi pariwisata yang aktif mendaftarkan diri dalam KPHN 2016,” ujar Asisten Deputi Bidang Pariwisata Budaya Kementerian Pariwisata RI yang juga Sekretaris Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata, Lokot A Enda Siregar, Minggu (14/8/2016).

Menurut Lokot, KPHN 2016 direncanakan akan berlangsung setiap tahun. Kali ini, terdapat 87 peserta yang mendaftar dalam 14 kategori KPHN. Peserta terdiri dari industri usaha wisata, hotel, kuliner, destinasi, biro perjalanan wisata dan lainnya.

”Dengan banyaknya peserta yang mendaftar, menunjukkan kesadaran dan kebutuhan masyarakat akan pariwisata halal sangat besar. Dan ini menjadi tren bukan hanya di negara yang berpenduduk mayoritas muslim, tapi sedang berkembang juga di negara-negara yang mayoritas penduduknya non-muslim,” paparnya.

Menurut Lokot, tim Juri melakukan asesmen dengan mengunjungi lokasi peserta yang memenuhi syarat. Asesmen dilakukan pada berbagai aspek meliputi kualitas pelayanan, fasilitas yang ramah bagi wisatawan muslim (muslm friendly tourism) dan ramah keluarga (family friendy). (rush)