>

www.depoktren.com–Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menjadi pembicara dalam Seminar Internasional mengenai Smart City yang diadakan di Kampus Universitas Gunadarma, Rabu (10/8/2016).

Selain Pradi, narasumber yang turut hadir pagi tadi hadir menjadi narasumber dalam seminar yang bertajuk Smart City: ICT Supports for National Economy and Competitiveness adalah Fabrice Meriaudeau dari Universite de Bourogne & UTP, Hans-Jurgen Zepernick dari BTH-Sweden, Kedubes Uzbekistan Shavkat Jamalov, dan juga Prihandoko dari Universitas Gunadarma. Pengimplementasian Smart City perlu sinergi dari Pemerintah, Akademisi dan juga dunia usaha,” ujar Pradi.

Menurut Pradi, perlu adanya suatu kerja sama dengan para akademisi dalam membantu Pemerintah Kota Depok dalam hal pelayanan publik. Saat ini, Pemerintah Kota Depok dikatakan beliau sangat terbuka dengan para akademisi terkait dengan kajian, hasil-hasil riset yang mungkin sangat bermanfaat bagi Kota Depok.

“Akses komunikasi dan informasi hingga saat ini semakin meningkat dan masyarakat yang ahli dalam teknologi komunikasi dan informasi (TIK) khususnya para akademisi harus dirangkul untuk memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat luas,” jelas Pradi.

Pradi memaparkan, hubungan antara masyarakat TIK dengan Pemerintah juga harus dibuat dengan efektif, karena peran mereka juga sangat dibutuhkan dalam menggapai tujuan penerapan Smart City. Khusus bagi kota Depok, yaitu untuk mewujudkan visi Kota yaitu Depok yang Maju dan Sejahtera melalui e-Government.

“Program Depok Cyber City merupakan salah satu landasan awal untuk mencapai Smart City, selain itu penyediaan akses internet gratis di 200 titik dan pengadaan cctv juga menjadi pendukungnya. Namun, elemen terpentingnya adalah smart people, maka kami harap bersama-sama khususnya akademisi dapat bekerjasama,” papar Pradi. (rush)

LEAVE A REPLY