www.korannasional.com–Pelaku penggelapan 7 mobil rental di Depok berhasil ditangkap aparat kepolisian Polresta Depok. Pelakunya seorang pria berinisial AW (36).”Modus pelaku menggunakan KTP palsu dan mengontrak rumah mewah di Depok mengelabuhi setiap korbannya untuk menyewa mobil. Mayoritas mobil yang dibawa kabur pelaku jenis niaga seperti Toyota Innova,” ujar Kombes Pol Harry Kurniawan di Mapolresta Depok, Rabu (10/8/2016).

Menurut Harry, mobil hasil penggelapan dijual per unit Rp.30 juta ke daerah Palembang Sumatera Selatan. ”Berdasarkan pengakuan pelaku, mobil dijual ke orang yang dikenal saja. Mobil hasil kejahatan digunakan untuk taksi gelap didaerah Palembang,” terangnya.

Dalam aksinya, tutur Harry, pelaku mampu melumpuhkan alat pelacak Global Positioning System (GPS) pada mobil. Dengan berbakat mematikan alat GPS pada mobil pelaku berhasil membawa kabur tujuh unit mobil niaga sewaan. ”Hanya dalam kisaran 15 menit paling lama 30 menit tergantung mobil pelaku dapat memutus Alat pendeteksi GPS pada mobil terhubung langsung melalui hp,” tuturnya.

Pelaku ditangkap anggota buser yang dipimpin Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Teguh Nugroho saat sedang makan di restoran cepat saji Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. ”Mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan tindak perkara penipuan dan penggelapan Pasal 378 jo 372 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara,” pungkas Harry. (mas tete)