www.korannasional.com–Gerakan Pramuka dan The Walt Disney Indonesia berkolaborasi menyelanggarakan kompetisi Time Please. Kompetisi ini akan dimulai bertepatan dengan Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus 2016 mendatang.

“Saya sangat gembira karena inisiatif ini akan segera dimulai bertepatan dengan Hari Pramuka pada 14 Agustus mendatang,” ujar Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dalam peresmian Time Please di Gandaria City Mall, akhir pekan lalu.

Menurut Adhyaksa, perlombaan Time Please yang dapat diikuti oleh anggota pramuka berusia 7 hingga 15 tahun ini mendorong anak-anak untuk turun langsung dan memberi kontribusi bagi masyarakat. Kontribusi melalui kegiatan sosial tersebut dapat meliputi empat kategori yaitu Kesehatan dan Sanitasi, Lingkungan dan Konservasi, Literasi atau Pendidikan serta Kesadaran Sosial.

Anak-anak yang berpartisipasi dalam perlombaan ini pun tak sendiri. Para peserta lomba dapat mengajak keluarga hingga orang-orang di lingkungan sekitarnya untuk ikut turun tangan dalam kegiatan sosial yang mereka selenggarakan.

Adhyaksa menilai kompetisi Time Please ini dapat menjadi cara yang seru dan menarik bagi anak-anak untuk mempelajari nilai-nilai penting yang akan mereka dapatkan ketika menjadi relawan. Nilai-nilai tersebut, lanjut Adhyaksa, tentunya juga sejalan dengan prinsip-prinsip yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. “Bersama dengan Disney, kami ingin mendorong anak-anak untuk belajar nilai-nilai penting dari kegiatan sebagai relawan,” harap Adhyaksa.

Diutarakan Adhyaksa, pelajar pramuka berusia tujuh hinga 15 tahun dari lima kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Semarang dan Surabaya, dapat berkompetisi dalam Time Please dengan mendaftarkan diri melalui laman resmi www.TimePlease.id yang didukung oleh Microsoft Indonesia.

Di akhir periode program pada 10 November mendatang, Time Please akan mengumumkan pemenang dalam lima kategori. Kelima kategori tersebut ialah Tim Individu Terbaik, Sekolah Terbaik dengan Pencatatan Waktu Terbanyak, Sekolah Paling Kreatif, Sekolah Pemberi Dampak Terbaik serta kategori khusus Penghargaan Dampak Lingkungan.

Di samping itu, peserta yang telah menyumbangkan waktu minimal satu jam dalam kegiatan sosial juga akan mendapatkan sertifikat digital. Dengan hadiah utama perjalanan ke Hong Kong Disneylad dan hadiah berupa pendanaan dengan total hingga 10 ribu dolar Amerika, Time Please tentu menjadi ajang perlombaan seru di Hari Pramuka nanti. (Rush)