www.korannasional.com–PT Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor berkolaborasi memproduksi 2 unit mobil yang dinilai hemat energi dan terjangkau harganya yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

“Calya dan Sigra merupakan produk kolaborasi keempat Toyota dan Daihatsu,” kata Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman, di sela peluncuran Calya dan Sigra, di pabrik Daihatsu Karawang Assembly Plant, Selasa (2/8/2016).

Sudirman mengatakan, sebelumnya Toyota dan Daihatsu juga telah melakukan kolaborasi produk mobil jenis Avanza-Xenia, Rush-Terios serta jenis Agya-Ayla.

Produk mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra disebutkan sebagai Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) berkapasitas tujuh penumpang.

Ia menyatakan, Daihatsu Sigra ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc. Sedangkan Toyota Calya hadir dengan mesin 1.200 cc.

Kolaborasi produk mobil Calya dan Sigra dinilai penting dalam perkembangan industri otomotif nasional. Sebab dua produk mobil itu dirancang secara khusus sesuai karakteristik kebutuhan masyarakat Indonesia. “Calya dan Sigra telah memiliki kandungan komponen lokal yang tinggi hingga mencapai 94 persen,” terangnya.

Sementara itu, acara peluncuran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta sejumlah manajemen Toyota dan Daihatsu. (rush)