www.korannasional.com–Untuk menarik wisatawan muslim ke Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016. Pendaftaran kompetisi yang akan ditutup pada 7 Agustus 2016 ini memberikan 14 kategori penghargaan.

”Indonesia mempunyai peluang besar untuk merebut pasar wisata halal dunia,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Adapun ke 14 kategori itu yakni kategori Penerbangan Ramah Wisatawan Muslim, Airport Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim, Hotel Luxurious Ramah Wisatawan Muslim, Apartemen Ramah Wisatawan Muslim, Resort Pantai Ramah Wisatawan Muslim, Biro Perjalanan Wisata Halal, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim, Perusahaan Kapal Pesiar Ramah Wisatawan Muslim, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim, Operator Haji & Umroh, Destinasi Wisata Halal, Destinasi Kuliner Halal dan Destinasi Budaya Halal.

”Ini adalah kali pertama diselenggarakannya kompetisi pariwisata halal tingkat nasional di mana para pemenang kategori dipastikan menjadi perwakilan Indonesia dlm ajang kompetisi pariwisata halal internasional *World Halal Travel Award (WHTA),” tutur Dadang.

Diungkapkan Dadang, pada tahun 2015 Kemenpar menargetkan 5 juta wisman muslim yang datang ke Indonesia atau naik dua kali lipat dibandingkan target tahun 2015 ini sebesar 2,5 juta wisman muslim. Selain itu upaya menaikkan daya saing wisata halal Indonesia di tingkat global. Data Global Muslim Travel Index (GMTI) posisi wisata halal Indonesia berada di ranking 4, ditargetkan akan menjadi ranking satu pada 2019.

Dijelaskan Dadang, halal tour yang menjadi bagian dari lifestyle masyarakat dunia mempunyai pasar yang besar, berkembang sangat pesat, dan menjadi trend bisnis global. Tahun lalu total market share wisata halal dunia mencapai 200 miliar dolar AS (belum termasuk fesyen, food, dan industri jasa keuangan perbankan dan asuransi). Sementara kemampuan Indonesia dalam merebut pasar tersebut baru sekitar 1,2 persen masih jauh tertinggal dibandingkan negara tetangga Malaysia dan Thailand yang masing-masing memperoleh 25 persen dan 24 peraen devisa halal dunia.

Persyaratan dan Ketentuan mengikuti Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016 yakni pada 7 Agustus 2016 batas akhir pendaftaran, pada 8-14 Agustus 2016 dilakukan Seleksi & pengumuman nominator, pada 18 Agustus-7 Sept 2016 dilakukan Voting, pada 9 September 2016 diumumkan pemenang dan pada 27 September 2016 diberikan penghargaan pemenang.

Kontak Person Kesekretariatan Panitia, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata RI Email: sekretariat@halaltourism.id, kompetisi.nasional@halaltourism.id. Kontak Marsha Nadila (+62 811-998-317) dan Widiya Putri (+62 857-8183-1813). ”Segera daftarkan usahamu untuk mengembangkan pariwisata halal di Indonesia,” imbuh Dadang. (Aris)