www.korannasional.com–PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur mengadakan program mudik dan balik gratis. Sebanyak 14 perjalanan kereta api di wilayah Jawa Timur disediakan bagi para pemudik.

Angkutan KA gratis tersebut berlangsung pada tanggal 1-5 Juli untuk arus mudik dan 8-12 Juli untuk arus balik. Menurutnya, pengadaan perjalanan KA gratis tersebut untuk membantu masyarakat di Jawa Timur dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

“Untuk mudik dan balik gratis tahun 2016, disiapkan 14 perjalanan KA dengan tujuan berbagai kota di Jawa Timur dengan jumlah tiket 11.785 per hari atau total 113.080 tiket selama pelaksanaan mudik dan balik gratis tahun 2016,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro dalam konferensi pers di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/6/2016).

Armada 14 perjalanan KA gratis tersebut adalah empat perjalanan KA Dhoho tujuan Surabaya-Blitar (via Kertosono), empat perjalanan KA Penataran jurusan Surabaya-Blitar (via Malang), satu perjalanan KA Tumapel jurusan Surabaya-Malang, dan dua perjalanan KRD Kertosono jurusan Surabaya-Kertosono. Kemudian masing-masing satu perjalanan KA KRD Bojonegoro jurusan Sidoarjo-Bojonegoro, KA Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi, dan KA Tawang Alun jurusan Malang-Banyuwangi.

Khusus untuk KA Probowangi dan KA Tawang Alun, mudik gratis berlaku mulai tanggal 3-5 Juli. Sedangkan pada arus balik untuk KA Probowangi mulai 8-10 Juli, sementara KA Tawang Alun untuk arus balik hanya tanggal 8 dan 9 Juli 2016.

Edi menambahkan, untuk mendapatkan tiket angkutan mudik dan balik gratis tersebut, masyarakat bisa memesan di stasiun online terdekat. Pemesanan tiket mudik dan balik gratis tahun 2016 bisa dilakukan H-30 untuk KA Probowangi dan KA Tawang Alun. Tiket mudik gratis KA ini bisa dipesan mulai 3 Juni 2016 dan tiket balik mulai 8 Juni 2016.

Untuk KA Penataran, KA Dhoho, KA Tumapel, dan KRD pemesanan bisa dilakukan H-7. Calon pemudik gratis bisa mulai pesan tiket KA ini pada 24 Juni dan 1 Juli untuk balik gratis. Pemesan wajib menyertakan fotokopi KTP atau Kartu Keluarga atau kartu mahasiswa dan kartu pelajar. Satu orang pemesan dapat memesan maksimal empat tiket.

Setelah dipesan, tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Selain itu, bagasi bawaan tidak boleh melebihi ketentuan 20 kilogram. “Pemesanan tiket mudik dan balik gratis hanya dapat dilayani di stasiun-stasiun yang dilewati KA mudik dan balik gratis 2016,” pungkasnya. (risjaddin)