www.korannasional.com–Kapolresta Depok, AKBP Harry Kurniawan mengimbau masyarakat untuk mewaspadai aksi kejahatan terutama maraknya maling rumah kosong (rumsong) yang bisanya terjadi saat melakukan ibadah sholat tarawih di bulan suci Ramadhan. “Pastikan rumah saat ditinggal dalam keadaan terkunci dan penjagaan keamanan lingkungan harus lebih diintensifkan,” ujar Harry di Mapolresta Depok, Sabtu (28/5/2016).

Polresta Depok akan mengupayakan antisipasi pencurian rumsong, dilakukan dengan intensifikasi patroli di 12 kecamatan di Kota Depok, khususnya di wilayah pemukiman warga. “Patroli ini selain untuk menjaga keamanan, agar masyarakat dapat dengan tenang menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan. Kami juga akan lebih meningkatkan keamanan saat rumah-rumah yang ditinggal penghuninya untuk mudik lebaran nanti,” tutur Harry.

Sepanjang bulan suci Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri, biasanya banyak rumah kosong lantaran ditinggal oleh penghuninya untuk salat tarawih dan tadarus di mushala atau masjid. Untuk itu, pihaknya juga meminta peran serta dari masyarakat dengan proaktif melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat jika melihat sesuatu yang mencurigakan di lingkungannya.

“Peran serta masyarakat, penting untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib agar masyarakat Kota Depok yang mayoritas muslim bisa lebih khusuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan,” harap Harry. (mas tete)