www.korannasional.com–Sebagai bentuk keseriusan terhadap pengembangan wisata Danau Toba, Kementeria Maritim dan Sumber Daya membentuk Badan Otorita Danau Toba, agar pengembangan wisata Danau Toba tidak bertele-tele dan bisa berjalan lebih cepat. Dan malam Budaya Danau Toba menandai pengukuhan Badan Otorita Danau Toba, yang digelar meriah.

Kegiatan ini sebagai tonggak kemajuan wilayah wisata Danau Toba yang akan dijadikan Monaco Asia oleh Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Danau Toba menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan wisata yang tengah dikembangkan pemerintah.

“Lantaran keindahan alam yang mempesona. Pilihan terhadap Danau Toba juga didasarkan pada wisata sejarah letusan api vulkanik yang menggemparkan dunia. Atas alasan tersebut, maka pemerintah menjadikan danau berpulau itu sebagai target tujuan wisata,” ujar Rizal, Kamais (26/5/2016)

Menurut Rizal, badan ini berbentuk Badan Layanan umum yang secara fleksibel mencari pendanaan sendiri, dapat menerima pinjaman, dan asetnya dapat dilimpahkan. Badan Otorita akan bertugas selama 25 tahun dengan opsi bisa diperpanjang jika pemerintah meghendaki perpanjangan tersebut. (cuk tantri)