www.korannasional.com–Terjadinya peningkatan inflasi terus-menerus akan mampu memberikan dampak buruk bagi perekonomian. Pasalnya, inflasi dapat mempengaruhi proses menurunnya nilai mata uang secara continue.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengungkapkan bahwa inflasi harus dihindari pada setiap daerah. Sehingga, seiring berjalannya waktu tidak memberikan efek yang signifikan terhadap perekonomian di wilayah tersebut. “Inflasi harus dihindari, untuk mencegah hal tersebut ada beberapa upaya yang harus dilakukan,” ujar Pradi di Balaikota Depok, Selasa (24/5/2016).

Pradi menjelaskan, ada tiga upaya yang dapat dilakukan untuk menekan inflasi, khususnya di Kota Depok. Pertama, melakukan intervensi pasar. Tindakan ini tidak hanya dilakukan melalui kegiatan pasar murah, akan tetapi juga dilakukan dengan operasi pasar yang sesungguhnya yang berpengaruh secara signifikan terhadap pengendalian harga.

Kedua, menaikkan hasil produksi. “Pemkot Depok telah melakukan upaya dengan memberi bantuan kepada petani berupa pemberian bantuan bibit tanaman padi, cabe, dan pemberian bimbingan dan penyuluhan kepada para petani dan peternak khususnya ikan konsumsi,” jelasnya.

Upaya ketiga, lanjut dia, yaitu melakukan pengawasan harga dan distribusi barang. Sehingga, harga tidak terjadi kenaikan, hal ini seperti yang dilakukan pemerintah dalam menetapkan harga eceran tertinggi (het).

“Untuk mencapai inflasi yang rendah, pengendalian inflasi memerlukan kerjasama dan koordinasi lintas instansi, yakni antara Bank Indonesia dengan Pemerintah. Semoga dengan adanya harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan tersebut, inflasi yang rendah dan stabil dapat tercapai, yang pada gilirannya mendukung kesejahteraan masyarakat,” harap Pradi. (gilang)