>

www.korannasional.com–Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus melakukan berbagai program untuk menekan jumlah angka pengangguran. Tercatat berdasarkan data ada sebanyak 78.089 dari 1,8 juta penduduk per tahun 2014 yang masih menganggur.

“Data jumlah pengangguran di Depok sendiri tercatat ada 78.089 dari 1,8 juta penduduk per tahun 2014, terbanyak jenjang SMK dengan presentase mencapai 30 persen, sementara untuk tahun 2015 sendiri belum ada data terbaru,” ujar Kepala Disnakersos Pemkot Depok, Diah Sadiah, Sabtu (21/5).

Untuk menekan angka pengangguran tersebut, Disnakersos secara rutin mengadakan job fair dan pada tahun ini sudah dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Mei 2016 di Depok Town Square. “Dalam job fair kali ini ditentukan target formasi pencari kerja. Diantaranya untuk jenjang SLTP ada 183, SLTA ada 1.983, D3 dan D4 ada 1.234, serta jenjang S1 ada 1.915,” terang Diah.

Diharapkan Diah, target formasi tersebut dapat terisi dan pencari kerja dapat menemukan pekerjaan yang sesuai bidang dan pendidikan. Dalam job fair yang ditargetkan dikunjungi 10-15 ribu pencari kerja ini juga bisa mendaftar secara online melalui studentjob.co.id, sementara untuk yang datang langsung bisa membawa syarat lamar berupa soft copy dan hard copy.

“Ini merupakan salah satu upaya menekan pengangguran, tiga kali kami adakan job fair dan diperkirakan satu tahunnya dapat mempertemukan pencai kerja dengan perusahaan sebesar dua persen,” jelasnya.

Selain mengadakan job fair secara rutin tiap tahunnya, Disnakersos juga menyediakan bursa kerjaonline melalui website bkol.depok.go.id Bursa kerja online ini diharapkan dapat memudahkan warga Depok dalam mencari pekerjaan. Pasalnya, dengan menggunakan sistem online tidak akan menyita waktu yang cukup lama, karena bisa mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan secara online.

Tidak hanya memudahkan pencari kerja, bursa kerja online ini juga diperuntukkan membantu perusahaan dalam mencari tenaga kerja. Perusahaan yang terdaftar sendiri adalah perusahaan yang secara tertib wajib lapor mengenai ketenagakerjaan kepada Disnakersos Pemkot Depok. (laras)

LEAVE A REPLY