www.korannasional.com–Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan penyandang disabilitas penerima bantuan sosial (bansos) asistensi penyandang disabilitas akan ditambah menjadi 136 ribu orang pada 2016.

“Bantuan sosial asistensi penyandang disabilitas berat Rp 300 ribu per bulan yang diberikan empat kali dalam setahun. Tahun lalu, jumlah penerima mencapai 22.500 orang,” kata Khofifah dalam kunjungan kerja di Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Sabtu (14/5/2016).

Khofifah meminta pemerintah daerah untuk menyisir penyandang disabilitas di daerahnya sehingga bisa diusulkan sebagai penerima bantuan sosial asistensi penyandang disabilitas. Menurut Khofifah, banyak keluarga yang menyembunyikan anggotanya yang merupakan penyandang disabilitas. Padahal, mereka sebenarnya memerlukan terapi psikososial.

“Namun, penanganan disabilitas menggunakan pendekatan dikembalikan kepada keluarga. Anak terlantar, penyandang disabilitas maupun lanjut usia, semua menggunakan pendekatan keluarga. Kalau pun mereka ada di panti, itu adalah pilihan terakhir. Karena itu, meskipun menjadi penerima bantuan sosial asistensi penyandang disabilitas, para penyandang disibilitas diupayakan tetap bersama keluarganya,” tuturnya. (gilang)