www.korannasional.com–Warga Depok tentunya akan bangga karena sebanyak 12 siswa SMP dan SMA di Kota Depok maju ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) mewakili Provinsi Jawa Barat pada Mei mendatang di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ke 12 siswa tersebut ialah Rifki Andika (Bidang Studi Kebumian), Naura Nafisha (Bidang Studi Ekonomi), Tristan Andhika (Bidang Studi Astronomi), Megandhita Sharasti (Bidang Studi Biologi), dan Sulthan Alam (Bidang Studi Komputer) yang merupakan siswa SMAN 2 Depok.

Selanjutnya, siswa-siswi yang berasal dari SMA Pribadi Depok diantaranya adalah Daris Dzakwan Hoesien (Bidang Studi Fisika), Farhan Khalifa Ibrahim (Bidang Studi Fisika), Aria Purwastya Salim (Bidang Studi Kimia), Giffary Alfatah Otslan (Bidang Syudi Komputer), dan Ferro Geraldi Hardian (Bidang Studi Komputer). Untuk perwakilan SMAN 1 Depok terdapat Putra Yudhatama (Bidang Studi Ekonomi), dan Irfan Urane Azis yang merupakan siswa SMPN 2 Depok dengan Bidang Studi Matematika.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Tatik Wijayati, mengatakan sangat bangga atas prestasi yang ditorehkan para siswa yang berasal dari Kota Depok tersebut untuk ke OSN tahun 2016 ini. “Kami sangat bangga sekali 12 siswa dari Depok ini. Mereka memang sebelumnya sudah melalui seleksi Olimpiade Sains tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata Tatik, Sabtu (16/4/2016).

Ia menuturkan, pihak Disdik sendiri akan mengupayakan memberikan pembekalan melalui pembinaan internal kepada para siswa yang lolos OSN 2016. Upaya yang dilakukan diantaranya dengan memberdayakan para guru yang ada di Kota Depok yang memang sudah pernah menang Olimpiade Sains Guru (OSG) tingkat Nasional dengan melatih ke 12 siswa tersebut.

Tatik juga berharap, pada olimpiade ini siswa asal Depok mampu menanamkan sifat kompetitif yang sehat, kesadaran dan keberanian mencoba, sekaligus meraih berprestasi secara optimal sesuai dengan keterampilan yang dimiliki masing-masing siswa. Selain itu, untuk memacu minat seluruh pelajar SMA di Depok sehingga kemampuannya akan terus berkembang dan dapat dimanfaatkan ketika mereka masuk perguruan tinggi, hingga sampai mereka lulus dan bekerja.

“Maju ke OSN ini merupakan sebuah gerbang awal para siswa untuk memberikan prestasi yang terbaik. Semoga saja setelah ini para siswa OSN bisa menularkan semangat kompetisi kepada teman-teman di sekolahnya sehingga dapat memacu para siswa di Depok untuk lebih semangat dalam menimba ilmu,” harapnya. (syaiful rm)