www.korannasional.com–Jakarta Metropolitan Police Expo 2016 digelar Polda Metro Jaya di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Acara tersebut terbuka untuk umum sebagai upaya mendekatkan polisi dan masyarakat. Ajang ini disambut antusias masyarakat. Ini terbukti dengan banyak pengunjung yang datang. Mereka mendatangi setiap stand yang ada dan bertanya keingintahuan mereka tentang kepolisian.

“Memberikan gambaran masyarakat tentang kinerja Polda Metro Jaya. Di dalamnya terdapat beberapa direktorat dan bidang maka kita memberitahu,” tutur Kombes Pol M Iqbal di lokasi pameran, Jumat (8/4/2016).

Capaian acara ini, kata Iqbal, masyarakat mengerti tugas dari polisi. Acara tersebut juga mendekatkan hubungan antara masyarakat dan kepolisian. “Inti acara ini yaitu mendekatkan polisi dan masyarakat. Kalau lebih dekat kan pengaduan pun jadi lebih mudah. Harapannya masyarakat lebih dekat dan kriminalitas yang baru akan muncul pun bisa ditekan. Karena komunikasi yang erat antara masyarakat dan polisi,” jelas Iqbal.

Handri (40) dan Ade 40 dari Serpong, pasangan suami istri yang tak sengaja di mall tersebut merasa tertarik untuk berkunjung ke acara tersebut. Pasangan itu merasa pameran seperti sangat jarang ditemuinya. Mereka mampir ke beberapa stand untuk bertanya dan terakhir mampir ke stand aksesoris. Ada barang yang sangat ingin dibelinya yaitu kaos bertuliskan Turn Back Crime.

“Ada apa sih kok rame. Penasaran saja, menarik karena aksesoris polisi dari TBC. Penasaran aja. Soalnya kan jarang-jarang ada pemeran begini. Terus ada yang jual aksesoris,” tutur Handri.

Menurut Handri, pameran ini perlu juga untuk memperkenalkan polisi. Hal itu dikarenakan di dalam kepolisian banyak divisi dan tugasnya seperti apa masih banyak orang tidak mengetahui.

Untuk diketahui, Jakarta Metropolitan Expo akan berlangsung hari ini hingga hari Minggu. Di dalamnya terdapat stand dari semua direktorat dan bidang di Polda Metro Jaya. Terdapat juga stand merchandise dari koperasi polisi yang menjual baju turn back crime, celana, tas, sepatu, kacamata, jam tangan, dan aksesoris lainnya. (syaiful rm)