www.korannasional.com–Calon Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dari perwakilan Pers, Gardi Gazarin, mengatakan kedepan Kompolnas harus lebih kompak dan solid dalam mendukung kinerja Polri dan akan memperkuat data base dengan memanfaatkan informasi teknologi (IT) serta dapat bersinergi dengan wartawan di daerah.

“Kompolnas harus mendukung penuh kinerja Polri agar menjadi profesional, mandiri dan bermartabat serta konsisten dalam prosedur mengatasi setiap kendala internal, sehingga Kompolnas kedepan dapat memilih mana yang bisa dilakukan penindakan dengan bukti atau kriminal yang harus ditindak dengan hukum,” kata Gardi Gazarin di hadapan Panitia Tim Seleksi calon anggota Kompolnas 2016-2020 pada tahap wawancara di Hotel Grand Kemang Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Saat menjawab pertanyan beberapa panitia tim seleksi, Ketua Forum Wartawan Polri (FWP) itu menekankan pentingnya pengawasan terhadap Polri sebagai penegak hukum yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Banyakanya kenakalan polisi seperti perselingkuhan, pungli, narkoba dan masalah penyidikan maupun KKN perlu dipertegas agar Kompolnas kedepan dapat memberikan konstribusi besar pada Polri,” ujar Gardi.

Terkait revisi UU Kompolnas, wartawan senior Harian Suara Pembaruan itu menginginkan Kompolnas bertindak lebih nyata sehingga Kompolnas bisa melakukan gebrakan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri. Begitu pula saat ditanya tentang selama ini Kompolnas lebih banyak pengawasan, apakah peningkatan pengawasan lebih penting atau membuat program Polri modern dan mandiri.

“Diperlukan revisi kewenangan Kompolnas untuk otoritas kedepan tindakan nyata, karena banyak laporan yang masuk mandek tidak dapat di folowup sehingga menjadi keluhan terbesar di masyarakat. Program Polri modern dan mandiri sangat diperlukan secara berkelanjutan dan terus diselaraskan dengan perubahan era sehingga menjadikan polisi profesional, mandiri dan bermartabat,” terang Gardi. (tete m)