www.korannasional.com–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan Ujian Naional (UN) berjalan baik dan lancar. Naumun Anies menyesalkan masih terjadi praktek jual beli soal UN. “Saya meminta agar seluruh peserta UN percaya diri,” kata Anies yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kotra Depok, Harry POansila saat melakukan pemantauan pelaksanaan UN Kesataraan Kejar Paket C di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin, Depok, Jawa Barat (Jabar), Rabu (6/4/2016).

Anies mengungkapkan, sudah menguji kunci jawaban yang beredar di kalangan guru dan siswa. Hasilnya kebenaran jawaban bocoran soal UN tidak valid.
“Percaya dirilah jangan percaya jawaban dibuat orang lain. Ketika diuji soal yang diperjualbelikan, maka ternyata jawaban yang benar diedarkan itu hanya 20 persen. Jadi jangan pernah percaya jawaban yang ditawarkan dengan diperjual belikan,” imbaunya.

Anies mengungkapkan jual beli soal hanya bermotif ekonomi. Ia juga mengultimatum bimbingan belajar (bimbel) untuk tidak ikut-ikutan. “Bimbel jangan ikut-ikutan membuat UN menjadi keruh. Jika ikut-ikutan maka jawaban bocoran yang beredar itu mengotori proses dan mengkhianati guru serta ratusan ribu siswa,” tegasnya. (nopli siregar)