korannasional.com-Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) di sekeliling Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor kacau balaunya, naum hal itu tak membuat Walikota Bogor Bima Arya minta maaf. Bima Arya bersama Wakil Walikota Usmar Hariman langsung menggelar rapat evaluasi penerapan ujicoba SSA Jumat, 1 April 2016 mulai pukul 15.00 wib. Hadir dalam rapat evaluasi tersebut jajajaran DLLAJ, jajajaran Polres bogor Kota antara lain Kabag Ops, Kasatlantas, Kapolsek Bogor Tengan, Kasat PolPP, Ketua TP4, dan Dirut PDPPJ.

Setelah mengidentifikasi penyebab penumpukan kendaraan pada jam-jam tertentu di Jalan Jalak Harupat (Sempur) dan Pajajaran antara TL Pangrango/internusa sampai TL Tugu Kujang, maka langkah-langkah yang langsung akan dieksekusi setelah evaluasi yakni:

1. Ujicoba Pemberlakuan SSA menjadi 360 derajat artinya seputar KRB full satu arah mulai dari Jalan Otista, Juanda, Jalak Harupat dan Pajajaran antara TL Pangrango sampai TL Tugu Kujang.

2. Penumpukan di Jl. Otista akibat bottle neck jembatan dari 5 lajur menjadi 3 lajur harus dilakukan pemangkasan sebagian trotoar jembatan kiri kanan untuk menambah lajur.

3. Menambah rambu-rambu lalin yang dianggap kurang di persimpangan sepanjang SSA.

4. Mendorong penggunaan jalur alternatif seperti jalan Sawojajar, jalan Pengadilan, dan jalan Dewi Sartika yang selama hari pertama SSA belum dimanfaatkan oleh pengendara mobil pribadi.

5. Penertiban/penataan PKL dan parkir di jalan-jalan alternatif dan meminta partisipasi para pengendara roda 4 pribadi untuk tidak memarkir kendaraan pada badan jalan di jalur-jalur alternatif.

6. Memasang barier dekat pintu masuk botani square sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan yang memutar dari arah terminal. Putaran tugu kujang hanya untuk kendaraan yang memutar ke terminal Damri dan jalan Cidangiang. Masuk ke botani square hanya diperbolehkan melalui jalan Cidangiang, kecuali dari arah Jalan Pajajaran lajur kiri.

7. Penambahan fase traffic light bagi kendaraan yang memutari Tugu Kujang.

Usai rapat evaluasi penerapan SSA, Bima Arya dan peserta rapat langsung menuju lokasi-lokasi dan ruas jalan yang masih harus disempurnakan untuk kelancaran penerapan SSA di hari kedua sampai hari keempatada 4 April 2016 mendatang. (syaiful rm)