korannasional.com-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Yohana Yembise geram dengan praktik eksploitasi anak yang masih terjadi. Sebab praktik itu benar-benar merenggut hak anak. “Ini betul-betul sudah melanggar hak-hak anak,” kata Yohana saat menggelar jumpa pers di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA), Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (27/3/2026).

Yohana melanjutkan, sesuai dengan konvensi hak anak yang sudah diratifikasi Presiden Jokowi bahwa setiap anak berhak untuk sekolah, bermain, berkreatifitas dan lainnya. “Jadi anak-anak itu mempunyai hak yang harus kita jaga dan negara sangat menaruh perhatian penuh pada anak,” terangnya.

Diharapkan Yohana berharap pada para orang tua yang ada di seluruh Indonesia menyadari betul bahwa anak tidak boleh dieksploitasi. Sebab anak adalah aset negara. “Anak-anak itu penting dan merupakan bagian pembangunan, aset negara yang harus dijaga. Di Indonesia, jumlah anak ada sekitar 87 juta jiwa yang harus dijaga oleh negara,” harap Yohana. (raakan)