korannasional.com-Tim sepakbola nasional Inggris berhasil taklukkan Jerman dengan dramatis, menang tipis skor 3-2 dalam laga persahabatan yang digelar di hadapan publik Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (27/3/2016) dini hari WIB.

The Three Lions langsung tampil panas sejak menit awal, melalui penetrasi mendalam dari sisi kanan. Namun, usaha tersebut masih mudah dimentahkan lini pertahanan Jerman, yang mengusung serangan balik cepat.

Memasuki menit ke-6 tim asuhan Roy Hodgson nyaris membuka keunggulan melalui tandukan Gary Cahill di dalam kotak penalti yang diteruskan dengan baik oleh Harry Kane. Berselang beberapa menit giliran Mario Gomez mengancam penjaga gawang Inggris, Jack Butland. Tetapi usah itu belum membuahkan gol.

Der Panzer akhirnya membuka keran gol pada menit ke-43 melalui Toni Kroos yang memanfaatkan umpan dari Mesut Oezil. Spekulasi tendangan jarak jauh Kroos mengarah kencang ke sisi kiri gawang Inggris.

Tertinggal 0-1 dari Jerman, pelatih Roy Hodgson langsung menarik keluar kiper Jack Butland karena cedera dan digantikan oleh Fraser Forster. Skor tak alami perubahan hingga berakhirnya babak pertama ini.

Memasuki interval kedua, Inggris nyaris menyamakan kedudukan andai saja sepakan keras Dele Alli dari luar kotak penalti tak ditepis Manuel Neuer. Alih-alih menyerang Jerman justru berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-57. Gol kali ini dicetak oleh Mario Gomez melalui sundulan, usai mendapatkan umpan dari Sami Khedira. Tertinggal dua gol, memaksa pasukan The Three Lions kian mengencengkan serangan.

Memasuki menit ke-61, akhirnya stirker Tottenham Hotspur, Harry Kane mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Golnya berawal dari aksi yang mengecoh Oezil dan Thomas Muller di kotak penalti.

Hodgson langsung melakukan perubahan guna menambah daya gedor Inggris dengan memasukan Jamie Vardy pada menit ke-71. Bintang Leicester City itu masuk menggantikan Welbeck, yang tampil di laga ini kurang memuaskan.

Hasilnya langsung terbukti, Vardy sukses membobol gawang Jerman dan membuat skor jadi 2-2 pada menit ke-75. Mendapatkan umpan dari Nathaniel Clyne, Vardy langsung meneruskannya dengan sepakan backheel yang indah.

Ini menjadi gol pertama bagi Vardy di timnas, dan gol tersebut membangkitkan semangat Inggris untuk terus menyerang Jerman. Hasilnya, Eric Dier berhasil mencetak gol untuk Inggris pada masa injury time lewat sundulannya, dan membuat laga berakhir dengan kemenangan 3-2. (ardiansyah)