korannasional.com—Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut Earth Hour yang akan diselenggarakan pada hari ini Sabtu (19/3) malam. Enam tempat di pusat kota Jakarta tanpa penerangan selama 1 jam.

Keenam titik yang mengalami pemadaman listrik selama 1 jam tersebut adalah kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Balai Kota DKI, kawasan Patung Arjuna Wiwaha, kawasan Monumen Nasional, kawasa Patung Pemuda dan gedung-gedung yang berada disekitaran Monas.

“Pemadaman berlangsung pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB. Kami sudah berkoordinasi dengan PLN terkait pemadaman untuk merayakan Earth Hour ini,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Energi Pemprov DKI Jakarta Yuli Hartono di Jakarta, Sabtu (19/3) malam.

Yuli melanjutkan pemadaman adalah berguna untuk memberikan kesejukan dan pendinginan terhadap daya listrik yang sudah beroperasi tiada henti. Yuli menambahkan, ini juga sebagai program pemerintah dalam penggalangan hemat energi.
“Gunanya untuk mendinginkan dunia, kita padamkan listrik selama 1 jam,” jelasnya.

Perayaan Earth Hour di Indonesia tahun ini dipusatkan di dua lokasi. Yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Tak hanya di Indonesia, seluruh lokasi terkenal di belahan dunia lainnya juga melakukan pemadaman listrik selama 1 jam untuk memperingati hari bumi. (Rizky M)