Tanah-Lot-Bali-600x350

korannasional.com – Riset mengenai destinasi wisata domestik favorit masyarakat berdasarkan jumlah pemesanan tiket daring pada periode 2012-2015 menunjukkan Jakarta, Bandung dan Bali adalah kota tujuan yang paling banyak dipesan.

Berdasarkan riset itu, tren pemesanan terus berubah setiap tahunnya, yakni pada 2012, pesanan tiket daring paling besar untuk tujuan Jakarta, sementara pada 2013, Bandung menjadi destinasi favorit, yakni mencapai 30 persen dari total pemesanan.

Di tahun berikutnya, berdasarkan riset yang dilakukan agen travel daring pegipegi.com itu, pemesanan untuk destinasi Jakarta, Bandung dan Bali mencapai 78 persen. Namun pada 2015, pemesanan paling banyak justru untuk destinasi Jakarta. Uniknya, sebanyak 36 persen pemesanan ini terjadi pada libur akhir tahun, di mana umumnya warga Jakarta menghabiskan masa liburan dengan berlibur ke luar kota,” ujar periset wisata, Ryan Kartawidjaja, Jumat (18/3).

Industri travel Indonesia, kata dia, terus berkembang pesat, dilihat dari semakin tingginya dorongan masyarakat untuk melakukan traveling ke berbagai daerah. Ia menilai besarnya potensi wisata di Indonesia menjadi alasan semakin meningkatnya wisata untuk destinasi domestik.

Selain pesona alam dan budaya, kata dia, sejumlah festival yang digelar juga mendorong peningkatan kunjungan wisatawan. “Promosi wisata yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan semakin banyaknya obyek wisata yang menarik didukung hadirnya layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online,” tegas Ryan. (azra muhammad)

LEAVE A REPLY